40 Sekolah Semai Benih Bangsa

Beranda / Program PHBK / 40 Sekolah Semai Benih Bangsa
40 Sekolah Semai Benih Bangsa

BANDUNG – Bank Mandiri bekerja sama dengan Indonesia Heritage Foundation (IHF) membuka 40 sekolah Semai Benih Bangsa (SBB) di provinsi Jawa Barat senilai Rp485 juta, yang dananya diambil dari Program Bina Lingkungan tahun anggaran 2008. Sampai dengan September 2008 Bank Mandiri telah menyalurkan sebesar Rp143,58 milyar untuk berbagai kegiatan program Bina Lingkungan.

Selain Bina Lingkungan yang juga merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility atau dikenal dengan sebutan CSR, Bank Mandiri juga memiliki pinjaman Program Kemitraan. Sampai dengan September 2008, Bank Mandiri telah menyalurkan dana sebesar Rp442,46 miliar untuk lebih dari 37 ribu mitra binaan melalui Program Kemitraan. Khusus untuk tahun 2008 ini Bank Mandiri telah menganggarkan dana masing-masing sebesar 2 persen dari laba perusahaan atau senilai Rp173,85 miliar untuk PKBL.

“Bagi kami ini adalah bentuk komitmen Bank Mandiri untuk mendukung program pemerintah dalam dunia pendidikan. Kami yakin ini akan menjadi bekal yang sangat baik bagi anak-anak sebagai generasi penerus bangsa sehingga dapat menjadi manusia yang kreatif, mandiri, dan berpikir kritis,” kata Agus Martowardojo, Direktur Utama Bank Mandiri.

Sekolah dengan model pendidikan pra-sekolah berbasis karakter ini, telah dirintis oleh IHF sejak Juni 2001 di lebih dari 600 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Di Sekolah Semai Benih Bangsa, anak – anak usia pra sekolah tersebut dapat memperoleh pendidikan dari hari Senin hingga Jumat pukul 08.00-11.00 WIB. Biaya sekolah yang dikenakan sangat terjangkau yaitu berkisar antara Rp10.000-Rp20.000/anak/bulan. Bahkan pembayarannya pun dapat dicicil hingga Rp1.000 per hari.

Ratna Megawangi, Ketua IHF mengatakan bahwa “Dengan model pembelajaran Holistik Berbasis Karakter ini akan menghasilkan lingkungan yang nyaman bagi anak-anak sehingga mereka dapat berkembang secara optimal dan seimbang dalam dimensi kemanusiaannya. Program ini juga dapat diterapkan untuk mengatasi anak-anak yang mengalami trauma. Kami juga melibatkan orang tua dalam penerapan karakter di rumah, sehingga diharapkan dapat menciptakan anak yang lebih baik.”

Selain digunakan untuk pembangunan 40 sekolah, dana dari Bank Mandiri tersebut juga digunakan untuk pengadaan sarana bermain edukatif, biaya monitoring selama 6 bulan serta paket pelatihan bagi 80 guru dari 40 TK yang akan tergabung dalam program SBB. Sekolah dan guru yang mengikuti kegiatan ini adalah hasil seleksi dari Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Al-Quran (IGTKA) yang merupakan partner IHF dalam menjalankan program tersebut.

Pembentukan karakter sejak dini sangat penting mengingat jaman yang penuh dengan perubahan serta permasalahan yang kompleks, sehingga siswa diharapkan tidak hanya pandai tetapi juga mampu beradaptasi. Selain itu mereka juga akan lebih siap di tingkat pendidikan selanjutnya. Pendidikan yang baik sejak dini sangat penting bagi perkembangan anak. Diharapkan dengan pembukaan 40 sekolah ini dapat membantu anak-anak pra sekolah yang kurang mampu sehingga mendapatkan pendidikan yang layak.

Sumber: https://news.okezone.com/read/2008/11/17/229/164915/40-sekolah-semai-benih-bangsa

Leave a Reply

Your email address will not be published.