9 Pilar Karakter

Untuk mewujudkan Visi dan Misi, Indonesia Heritage Foundation (IHF) atau Yayasan Warisan Nilai Luhur Indonesia mengembangkan model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) dengan tujuan membangun manusia holistik (seluruh dimensi berkembang secara utuh dan seimbang), yang memiliki berbagai nilai karakter mulia dan unggul melalui penanaman 9 Pilar Karakter, dimana ada konsistensi antara pikiran (habits of the mind), hati (habits of the heart) dan tindakan nyata (habits of the hands). Model PHBK memiliki berbagai metode dan strategi pembelajaran yang unik dan efektif untuk menanamkan 9 Pilar Karakter dan kualitas berpikir tinggi (higher-order thinking skills) yang diajarkan kepada anak-anak mulai usia dini sampai remaja.

“Crowd Donation”

Dukung PHBK

Perluasan dan percepatan penerapan modul PHBK memerlukan dukungan dari berbagai pihak agar impian mewujudkan bangsa Indonesia yang Berkarater, Cerdas dan Kreatif menjadi kenyataan. IHF membuka kesempatan kepada segenap lapisan masyarakat, perusahaan, organisasi maupun komunitas untuk berpartisipasi mendukung penyelenggaraan Pelatihan Akbar PHBK dengan cara yang sangat mudah secara online. IHF akan mengelola dana yang terkumpul secara professional, akuntabel dan bertanggung jawab dan memenuhi kaidah aturan yang diterapkan Kementerian Sosial Republik Indonesia. Sejak tahun 2015, PricewaterhouseCooper (PwC) telah mengaudit keuangan yayasan dengan hasil Wajar Tanpa Pangecualian (WTP) secara konsisten.

Program Semai

Benih Bangsa

Untuk mewujudkan percepatan dan perluasan jangkauan penerapan kurikulum PHBK di seluruh Indonesia, Yayasan IHF meluncurkan Program Semai Benih Bangsa (SBB) dalam bentuk pelatihan kurikulum dan modul PHBK bagi guru-guru dari sekolah-sekolah PAUD/TK/RA dan SD atau Madrasah di berbagai daerah sehingga masyarakat dari berbagai lapisan di seluruh Indonesia mempunyai akses pendidikan yang berkualitas untuk membangun karakter yang tercakup dalam kurikulum PHBK.

Pola Asuh Anak (Parenting) berbasis Karakter

Masa depan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kemampuan bangsa tersebut dalam menyiapkan generasinya di masa depan. Pandangan tersebut sangat berkaitan erat bagaimana Pola Asuh Anak diterapkan dalam keluarga yang merupakan entitas terkecil dari sebuah Bangsa dalam membangun Bangsa yang unggul, berkarakter dan sejahtera.

Pendidikan Holistik Berbasis Karakter akan sangat maksimum dampaknya bila di setiap keluarga menerapkan pola asuh sejak usia dini yang memaksimalkan “kelekatan cinta ibu dan anak” dimana akan sangat baik kesehatan fisik, jiwa, mental dan spiritual anak yang akan terbawa hingga usia dewasa.

Untuk menunjang penerapan Pola Asuh berbasis Karakter, yayasan IHF juga menyelenggarakan Pelatihan Pola Asuh Anak (Parenting) berbasis Karakter bagi orang tua murid dan masyarakat luas.

Testimoni

Jumlah Peserta Pelatihan Akbar Periode 2016 – 2019

16.00 Tahun 2016
Jawa Timur sebagai provinsi dengan peserta terbanyak (1.855 peserta).
20.000 Tahun 2017
Jawa Barat sebagai provinsi dengan peserta terbanyak (2.026 peserta).
18.0 Tahun 2018
Banten sebagai provinsi dengan peserta terbanyak (1.818 peserta).
35.0 Tahun 2019
Lampung sebagai provinsi dengan peserta terbanyak (2.690 peserta).
2.0 Tahun 2020
Mataram sebagai kota/kabupaten dengan peserta terbanyak (1221 peserta).

Total Peserta:

93.117

Berita & Artikel Terbaru:

Untuk Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami: 021 – 871 2022