PEMBINAAN ke-2 PROGRAM SBB AKBAR: PENGANTAR PROGRAM PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS KARAKTER (PHBK)

PEMBINAAN ke-2 PROGRAM SBB AKBAR: PENGANTAR PROGRAM PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS KARAKTER (PHBK)

Alhamdulillah pada Rabu, 2 Juni 2021 telah dilaksanakan pembinaan ke-2 Program Semai Benih Bangsa Akbar (PSBBA) dari IHF. Peserta kegiatan PSBBA ini berasal dari 7 provinsi di Indonesia (Aceh, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, dan Papua) yang tersebar di 28 kota/kabupaten.
Tema kegiatan pembinaan ke-2 ini adalah Pengantar PHBK. Materi disampaikan oleh Ibu Arfida Luthfiasari, S.P (Koordinator Semai Benih Bangsa). Bergabung di kegiatan ini, lebih dari 2.000 guru PAUD, melalui platform zoom meeting dan youtube.
Materi Pengantar PHBK ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para guru peserta PSBBA mengenai landasan teori yang menyusun model PHBK, seperti: DAP (Developmentally Appropriate Practices) yaitu pembelajaran yang patut dan menyenangkan sesuai tahap perkembangan anak; BBL (Brain Based Learning) yaitu kegiatan pembelajaran yang sesuai prinsip kerja otak; tema; sentra; dan pendekatan saintifik. Semua landasan tersebut akan diintegrasikan dengan penerapan 9 Pilar Karakter dan K4 serta pengaliran dengan metode HOTS (Higher Order Thinking Skills) yaitu menumbuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam kegiatan belajar sehari-hari selama anak di sekolah.
Melalui materi ini diharapkan para guru peserta PSBBA dapat memahami apa esensi dari model PHBK yang dikembangkan oleh IHF serta dapat memahami kelebihan, kekhasan, dan keefektifan dari model PHBK dibandingkan dengan strategi pembelajaran yang mereka terapkan sebelumnya. Setelah mengikuti materi, diharapkan Sekolah Koordinator dan Sekolah Mitra semakin yakin untuk menerapkan model PHBK di lembaganya. Selain itu, sekolah juga bisa mengevaluasi diri, terkait dengan model pembelajaran yang selama ini sudah mereka lakukan, mana kegiatan yang sudah tepat dan mana yang harus diperbaiki berdasarkan uraian singkat materi Pengantar PHBK.
Ayo guru SBB mitra IHF di seluruh Indonesia, siapkan diri dan sekolah Anda untuk mengikuti Program Semai Benih Bangsa Akbar (PSBBA) periode berikutnya. Menjadi bagian dari sekolah-sekolah yang akan menjadi agen perubah dengan menyebarkan pendidikan karakter atau PHBK bagi sekolah lain di lingkungannya dengan menjadi Sekolah Koordinator (SK). Untuk informasi mengenai apa itu Program Semai Benih Bangsa Akbar (PSBBA) dan apa saja persyaratan SBB yang bisa menjadi Sekolah Koordinator, silahkan hubungi Ibu Ari (08111171027) dan klik link pendaftaran berikut ini https://ihf.or.id/daftar_psbbtahap2
.
.
.
#sbbakbar
#OverviewPHBK
#ihfkarakter
#semaibenihbangsa
#PSBBA
#ProgramSemaiBenihBangsaAkbar

Leave a Reply

Your email address will not be published.