Penerapan PHBK

Beranda / Penerapan PHBK

Untuk mewujudkan VISI dan MISI IHF membangun karakter bangsa, jangkauan pembelajaran Kurikulum Pendidikan Holistik Berbasis Karakter harus dapat dinikmati oleh segenap lapisan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Kerangka (framework) IHF merupakan langkah strategis untuk merealisasikan Visi dan Misi dengan menjadikan 9 Pilar Karakter sebagai Karakter bangsa Indonesia yang dilakukan melalui pendidikan formal Sekolah Karakter dan Pelatihan PHBK.

Visi Sekolah Karakter

Membangun Karakter Anak Melalui Pembelajaran Holistik Berbasis Karakter

Misi Sekolah Karakter

Membentuk anak didik dengan karakteristik:

Memiliki akhlak mulia sesuai dengan 9 Pilar Karakter sehingga selalu beramal shaleh dan memberikan nilai tambah kepada lingkungannya

Kritis, analitis, reflektif, berpikir divergen, melihat berbagai sudut pandang, berpikir tingkat tinggi, dan berorientasi pada solusi

Komunikator yang efektif, mudah berdaptasi, mampu bersosialisasi

Antusias, mampu menghadapi tantangan, dan berani mengambil resiko


Metode Pembelajaran

www.sekolahkarakter.sch.id

Lingkungan Belajar

Perkembangan optimal aspek motorik halus dan kasar, menjaga stamina dan kesehatan.

Penerapan pendidikan dan pembelajaran:

  • DAP (Developmentally Appropriate Practices), tahapan belajar sesuai umur
  • Belajar secara Aktif
  • Terintegrasi dan Tematik
  • Belajar Ramah Otak (Brain based Learning)
  • Menumbuhkan rasa ingin tahu (Inquiry based Learning)
  • Kontekstual
  • Pembelajaran dengan praktek nyata
  • Belajar Berkerja dalam Tim
  • Manajemen kelas Efektif dan Komunikasi Positif

Pendekatan Pendidikan karakter:

  • Eksplisit, Sistematis dan berkesinambungan
  • Metoda 3M Kebaikan (Memahami, Mencintai dan Melakukan Kebaikan)
  • Integrasi Pilar Karakter dan Tematis dalam sentra belajar
  • Penggunaan permainan eduktatif dan alat bantu yang membangun karakter
  • Kegiatan Bercerita dengan buku literasi seri karakter (lebih dari 120 judul)
  • Mengajak keterlibatan aktif orang tua

Sistem Evaluasi / Penilaian

  • Berdasarkan portfolio, presentasi hasil kerja, esai, penilaian mandiri (self assessment).

Standar Sekolah Karakter

Rekrutmen dan Lisensi PHBK bagi guru

  • Seleksi yang ketat untuk penerimaan Guru dan karyawan
  • Lisensi kurikulum PHBK bagi guru setelah lulus pelatihan intensif, magang yang diobservasi secara komprehensif

Kompetensi Guru:

  • High Spirit Teaching
    • Lingkungan belajar menyenangkan
    • Murid termotivasi
  • Komunikasi dan Interaksi yang positif serta efektif dengan murid dan orang tua murid
    • Suasana damai dan santun
    • Timbul rasa disayang, dihormati, dihargai, dipahami keunikan kemampuan masing-masing murid
  • Menumbuhkan Sikap Toleransi
    • Toleransi atas perbedaan budaya, suku, agama
    • Timbul saling menghormati dan memahami
  • Motivator bagi murid
    • Menyikapi kegagalan sebagai kesempatan belajar terbaik
    • Bersikap Pantang menyerah

Bangunan Fisik Sekolah

Sesuai dengan filosofi PHBK, Gedung Sekolah Karakter dirancang dengan konsep memberi ruang ekplorasi dan menyatu dengan alam.

Manajemen Sekolah

  • Struktur organisasi
  • Sistem operasional sekolah
  • Sistem Audit

Model Pengelolaan Sekolah  Karakter

Sekolah Karakter pertama yang didirikan oleh Yayasan IHF sepenuhnya dikelola oleh Yayasan IHF yang memiliki tenaga pendidik atau guru yang memiliki kompentensi PHBK secara mumpuni. Dalam perkembangan selanjutnya banyak pihak lain atau mitra yang tertarik berkerja sama untuk mendirikan Sekolah Karakter dengan pola "Franchising" menggunakan model / Kurikulum PHBK sebagai landasan utama.

Beberapa alternatif kemitraan yang sedang dikembangkan untuk manajemen pengelolaan Sekolah Karakter:

Gedung dan Infrastruktur disediakan oleh Mitra, pengelolaan Sekolah Karakter sepenuhnya oleh Yayasan IHF

Gedung, Infrastruktur, pengelolaan Sekolah Karakter oleh pihak Mitra, Lisensi Kurikulum PHBK dan penggunaan nama (brand) Sekolah Karakter

Gedung, Infrastruktur, Pengelolaan Sekolah oleh Mitra, Lisensi Kurikulum PHBK sementara Nama Sekolah tidak menggunakan nama (brand) Sekolah Karakter

Visi Sekolah Tinggi PHBK

Menjadi Generasi Indonesia yang Sukses Berkiprah di Era Persaingan Global melalui Penyiapan Pendidik yang Terampil Membangun Siswa yang Berkarakter, Cerdas dan Kreatif

Misi Sekolah Tinggi PHBK

  • Menghasilkan tenaga pendidik yang mampu menyiapkan siswa untuk berkiprah di era persaingan bebas yang penuh tantangan dan perubahan cepat melalui model PHBK

  • Menghasilkan tenaga pendidik yang berkarakter, cerdas dan kreatif

  • Menyelenggarakan proses pembelajaran yang mendorong tenaga pendidik menjadi pembelajar sejati, bermanfaat, berpikir terbuka dan menguasai keterampilan hidup

  • Menyelenggarakan program penelitian yang inovatif

  • Menyelenggarakan program pengabdian pada masyarakat yang dapat memberikan nilai tambah bagi lingkungannya

  • Menjalin kerjasama saling menguntungkan dengan Lembaga Pendidikan, Instansi Pemerintah dan Lembaga Kemasyarakatan

Kurikulum Sekolah Tinggi PHBK

Untuk menunjang Visi dan Misi Sekolah Tinggi PHBK untuk menghasilkan tenaga pendidik yang berkarakter, cerdas dan kreatif dengan mengajarkan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter, maka struktur Kurikulum Sekolah Tinggi mencakup 3 kelompok mata kuliah:

  • Pengembangan Kepribadian ( 11 % dari total SKS )
  • Keilmuan ( 23 % dari total SKS )
  • Keahlian ( 66 % dari total SKS )

Dengan porsi Ketrampilan yang terbesar diharapkan lulusan Sekolah Tinggi PHBK menjadi tenaga Pendidik yang memiliki ketrampilan yang sangat tinggi untuk menerapkan pembelajaran PHBK.

Program Semai Benih Bangsa (SBB)

Untuk mewujudkan percepatan dan perluasan jangkauan penerapan kurikulum PHBK di seluruh Indonesia, Yayasan IHF meluncurkan Program Semai Benih Bangsa (SBB) dalam bentuk pelatihan kurikulum dan modul PHBK bagi guru-guru dari sekolah-sekolah PAUD/TK/RA dan SD atau Madrasah di berbagai daerah sehingga masyarakat dari berbagai lapisan di seluruh Indonesia mempunyai akses pendidikan yang berkualitas untuk membangun karakter yang tercakup dalam kurikulum PHBK.

Tujuan Program SBB

  • Memberikan akses kepada masyarakat kurang mampu untuk memperoleh pendidikan berkualitas tinggi melalui penerapan model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK).
  • Menjamin kualitas mutu pendidikan kurikulum PHBK yang berstandar tinggi dengan melengkapi modul kurikulum, alat mengajar,  permainan edukatif, buku cerita karakter dan buku literatur untuk pendidik / guru peserta pelatihan SBB.
  • Penerapan modul / kurikulum PHBK dapat dilakukan setelah guru-guru tersebut  mengikuti pelatihan modul / kurikulum PHBK di Program Semai Benih Bangsa (SBB).
  • Mendorong masyarakat dan lembaga non-pemerintah (individual dan perusahaan) untuk berperan aktif dalam membangun karakter masyarakat Indonesia dengan mendukung pelaksanaan program SBB.

Kemitraan Penyelenggaraan Program

Penyelenggaran pelatihan Program SBB ini dapat dilaksanakan baik dengan sumber daya IHF atau melibatkan bekerjasama / bermitra  dengan  pihak ketiga sebagai sponsor baik individu, perusahaan, organisasi atau komunitas. Bentuk sponsorship / donasi yang ditawarkan kepada perusahaan, komunitas ataupun individu adalah paket pelatihan 10 sd 12 hari mencakup :

  • Biaya penyenggaraan termasuk akomodasi peserta, ruang pelatihan, instruktur
  • Modul PHBK, Rencana Pelajaran tematik
  • Buku – buku Karakter dan Buku Referensi
  • Alat Permainan Edukatif
  • CD berisi kumpulan lagu – lagu karakter

Yayasan IHF dapat mengakomodasikan bentuk paket sesuai dengan permintaan donatur atau sponsor pendukung baik seluruh biaya pelatihan SBB  atau parsial. Selain hal tersebut IHF juga dapat menjadi pengisi materi pelatihan dalam kegiatan kolaborasi dengan instansi pemerintah yang terkait dengan bidang Pendidikan, Pemerintah Daerah atau Institusi dan Organisasi lain yang peduli atas pembangunan Karakter Bangsa.

Prosedur Keikutsertaan Program SBB

Pelatihan modul / kurikulum PHBK Program Semai Benih Bangsa SBB untuk guru PAUD/TK/RA berlangsung selama 10 hari, sedangkan pelatihan untuk guru SD berlangsung 5 sampai dengan 8 hari. Jumlah peserta untuk PAUD/TK/RA 2 orang guru (Kepala sekolah dan 1 orang Guru). Sementara untuk SD peserta pelatihan SBB 13 orang (Kepala Sekolah dan 12 guru kelas 1 sampai 6).

Sekolah PAUD/TK/RA dan SD yang berminat untuk mengikuti pelatihan SBB dapat mendaftarkan di www.ihf.or.id/proposalsbb. Selanjutnya yayasan IHF akan melakukan evaluasi dan seleksi kepesertaan dan akan menginfokan lebih lanjut tentang hasil evaluasi dan jadwal pelaksanaan pelatihan SBB.

Pelatihan Akbar

Selain Program SBB, IHF juga menyelenggarakan pelatihan Akbar PHBK dengan durasi pelatihan 3 hari bagi guru PAUD / TK dan RA dengan jumlah peserta rata-rata di atas 500 peserta dalam satu sesi Pelatihan Akbar. Tujuan Pelatihan Akbar PHBK difokuskan untuk membuka wawasan para guru tentang Pendidikan berkualitas tinggi berbasis Karakter, selanjutnya Sekolah yang mengikuti Pelatihan Akbar tersebut dihimbau untuk menerapkan PHBK di sekolah masing-masing.

Bentuk Penyelenggaraan Pelatihan Akbar adalah sebagai berikut :

Inisiatif Penyelenggaraan

  • Inisiatif IHF
  • Dukungan sponsor (Korporasi atau Organisasi)
  • Institusi terkait Pendidikan atau Pemerintah Daerah
  • Organisasi kemasyarakatan
  • Komunitas peduli Pendidikan Karakter

Pemateri Pelatihan Akbar

Tim dari IHF sebagai fasilitator atau instruktur pelatihan model PHBK dengan durasi pelatihan selama 3 hari

Sarana, Venue, Akomodasi Pelatihan

Bila inisiatif Pelatihan berasal pihak lain, maka seluruh sarana pelatihan disediakan oleh pihak sponsor atau inisiator lain di luar IHF.

Materi Pelatihan dan Pendukung Pelatihan PHBK

Peserta pelatihan dapat membeli Modul / Kurikulum PHBK, buku seri Karakter, buku cerita Literasi, Alat Permainan Edukatif(APE), Poster Pilar Karakter dll.

Mekanisme Undangan / Penyebaran Informasi dan Pendaftaran Peserta:

  • Media Sosial IHF Karakter (FB, IG dan WA)
  • Menghubungi sekolah sekolah SBB sesuai lokasi Pelatihan Akbar melalui WA atau SMS
  • Bila Pelatihan Akbar merupakan program Institusi atau Organisasi tertentu , maka institusi atau organisasi yang akan menkoordinasikan penyebaran undangan. (Misalnya menjadi Program Dinas Pendidikan setempat)

Pelatihan / Seminar / Workshop Pola Asuh (Parenting) Berbasis Karakter

Topik-topik Pelatihan Pola Asuh (Parenting) berbasis Karakter mencakup:

  • Pola Asuh Ramah Otak (Brain based Parenting)
    • Pola Asuh berbasis Cinta untuk Tumbuh Kembang Anak secara Optimal
    • Pentingnya 1000 hari pertama anak
    • Pola Asuh Ramah Otak untuk menanamkan Karakter Anak
    • Membentuk Kelekatan Ibu – Anak :Kunci Jiwa sehat, Cerdas dan Kreatif
  • Neuroscience dalam Perkembangan Karakter
    • Korelasi Sistem Kerja Otak dengan Pengendalian emosi
    • Pola Pengasuhan dan Pendidikan yang melahirkan Generasi Kreatif
    • Komunikasi Positif untuk membentuk Karakter Anak
    • Tahap Perkembangan Moral Anak
  • Tantangan Pola Asuh Anak di Era Digital
    • Memahami dan Mengatasi dampak Video Game (kekerasan atau pornografi)
    • Perlindungan anak dari bahaya kekerasan
  • Motivasi
    • Menjadi Orang Tua Idola
  • Gizi dan Perkembangan Anak
    • Pentingnya Gizi dan Imunisasi dalam perkembangan Jiwa dan Fisik anak.

Duta PHBK dan Pola Asuh berbasis Karakter

Para guru peserta pelatihan SBB membentuk wadah komunikasi Ikatan Guru Semai Benih Bangsa (IGSBB) di seluruh wilayah Indonesia. Untuk menjaga kompetensi dan kualitas dalam menerapkan PHBK, IHF mengadakan pelatihan tingkat lanjut bagi pengurus IGSBB untuk menjadi Konsultan Penerapan PHBK dan Duta Pola Asuh berbasis Karakter. Selanjutnya para konsultan PHBK dan Duta Pola Asuh ini dapat menyelenggarakan pelatihan di daerah atau wilayah terdekatnya untuk mendukung perluasan penerapan PHBK.