Pelatihan Tips Menanamkan  Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Bersama IHF

Pelatihan Tips Menanamkan  Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Bersama IHF

Mengembangkan kemampuan literasi anak merupakan hal penting dalam penerapan Model  Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK). Literasi adalah kemampuan dasar utama yang dibutuhkan oleh anak dalam menjalani kehidupannya. Kemampuan Literasi bukanlah hanya kemampuan membaca, tetapi juga kemampuan menalar menggunakan bahasa dengan menganalisis suatu bacaan serta kemampuan memahami konsep di balik tulisan tersebut.

Untuk mengembangkan kemampuan literasi anak secara maksimal serta membantu guru dan orang tua dalam mendapatkan buku-buku anak yang berkualitas, IHF menciptakan sebuah inovasi yaitu Seri Buku Cerita Literasi. Keunggulan buku ini selain memiliki pesan karakter juga menggunakan bahasa positif yang aman dan sesuai untuk anak. Buku Cerita Literasi IHF ini juga sangat efektif untuk menstimulasi anak agar mencintai kegiatan membaca hingga akhirnya tertarik dan memiliki keinginan untuk bisa membaca. Buku ini hadir dalam empat kode warna yang mewakili tahapan pengenalan membaca yang bermakna dan menyenangkan.

  • Title

    BCLM (Buku Cerita Literasi Merah): Hanya terdiri dari satu kata di setiap lembar dengan gambar ilustrasi yang bisa bercerita.

  • Title

    BCLJ (Buku Cerita Literasi Jingga): Satu kalimat sederhana di setiap lembar (satu kalimat terdiri dari 3-4 kata) disertai gambar ilustrasi yang menarik.

  • Title

    BCLK (Buku Cerita Literasi Kuning): Kata-kata yang beragam dengan variasi bentuk kalimat pendek (terdapat 2-3 kalimat pendek) disertai gambar ilustrasi yang menarik.

  • Title

    BCLH (Buku Cerita Literasi Hijau): Satu paragraf terdiri dari 4-5 kalimat kompleks di setiap lembar (berbagai variasi kata dan bentuk kalimat yang lebih panjang) ditambah dengan ilustrasi yang dapat mendukung proses imajinasi anak-anak.

 

Untuk menyebarluaskan strategi mengembangkan kemampuan literasi lewat penggunaan Buku Cerita Literasi ini, IHF telah melaksanakan pelatihan gratis  “Tips Menanamkan Budaya Literasi pada Anak Usia Dini” dalam beberapa gelombang yaitu

Gelombang 1 pada 4 Agustus 2020, diikuti oleh 97 Peserta yang terdiri dari orang tua dan guru.

Gelombang 2 pada 7 September 2020, diikuti oleh 205 peserta/lebih terdiri dari orang tua dan guru.

Kegiatan pelatihan tersebut dapat diikuti hanya dengan melakukan pembelian Seri Buku Cerita Literasi di Toko Karakter. Melalui pelatihan tersebut, peserta akan mengetahui strategi menumbuhkan minat anak terhadap literasi dengan cara-cara yang menyenangkan dan bermakna.  Selain itu, peserta juga diajarkan cara menggunakan Buku Literasi IHF ini kepada anak. Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan semakin banyak orang tua dan guru yang menyadari pentingnya penciptaan suasana ‘belajar’ literasi yang menyenangkan dan penuh emosi positif bersama anak.

Terima kasih kepada seluruh peserta dan pelanggan Toko Karakter yang telah mengikuti pelatihan sesi kedua. Sertifikat pelatihan “Tips Menanamkan Budaya Literasi pada Anak Usia Dini” gelombang kedua, dapat diunduh di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published.