Berita|

IHF.OR.ID, DEPOK – Keluarga besar Sekolah Karakter melaksanakan penyembelihan hewan kurban di halaman belakang Indonesia Heritage Foundation (IHF), Cimanggis, Depok, pada hari ketiga Iduladha 1445 H, Rabu, 19 Juni 2024. Hany Maria, Koordinator Pelajaran Agama Sekolah Karakter, kepada redaksi ihf.or.id mengatakan penyelenggaraan kurban tahun ini dalam rangka menyemarakkan ibadah kurban.

“Harapan pelaksanaan kurban tahun ini, (untuk) menyemarakkan ibadah kurban untuk meraih keridhoan Tuhan Yang Maha Esa dengan ketaatan dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta,” ujarnya, Rabu (19/06/2024).

IHF/Maulady Virdausy Fahmy

Hewan-hewan kurban yang akan disembelih oleh Panitia Iduladha 1445 H Sekolah Karakter di halaman belakang IHF, Cimanggis, Depok.

Dari pantauan ihf.or.id di lokasi kegiatan, penyembelihan hewan kurban dimulai pukul 07.00 WIB. Para panitia menggiring satu per satu hewan kurban untuk disembelih. Pada Lebaran Haji kali ini, total hewan kurban yang berasal dari orang tua siswa dan karyawan IHF berjumlah 54 ekor, yang terdiri atas 19 ekor kambing, 29 ekor domba, dan 6 ekor sapi.

Kegiatan Berjalan Lancar

Penanggung jawab kegiatan acara “Berkurban Bersama Keluarga Besar Sekolah Karakter”, Muhammad Iqbal, mengatakan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban berjalan lancar. Ia berharap kegiatan ini memberikan dampak positif.

Bismillah walhamdulillah, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di lingkungan IHF berjalan dengan lancar. Saya berharap kegiatan ini membawa dampak positif, bernilai pahala, dan semoga makin banyak yang percaya kepada IHF untuk penyembelihan hewan kurban,” katanya, Kamis (20/06/2024).

Iqbal juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pekurban, panitia, karyawan IHF, dan pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini. “Saya selaku penanggung jawab ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada orang tua atau donatur yang telah mengamanahkan hewan kurbannya untuk dikelola dan didistribusikan kepada IHF, juga kepada teman-teman karyawan dan nonkaryawan yang telah membantu secara tenaga dan pikiran. Semoga Allah meridhoi apa yang telah kita lakukan dan menjadi pemberat amal kita nanti di akhirat,” tambahnya.

Kumandang takbir terdengar sepanjang acara penyembelihan. Pembawa acara, Catur Bowo Pamungkas, berulang kali melantunkan takbir melalui pengeras suara, “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa ilaaha illallaahu wallahu akbar Allahu akbar wa lillaahil hamd.”

IHF/Rangga

Andriansyah Adha Pratama, salah seorang guru Sekolah Karakter, sedang menguliti seekor kambing yang telah disembelih.

Cuaca cerah dengan suhu udara yang cukup sejuk turut membantu proses pemotongan hewan kurban berlangsung kondusif. Setelah penyembelihan, proses selanjutnya adalah pengulitan, pemotongan tulang, penimbangan, pembungkusan, dan pendistribusian.

Acara diselingi kegiatan makan siang bersama. Para karyawan IHF yang telah diintruksikan untuk membawa tempat makan masing-masing, satu per satu mengambil makanan dan menikmati masakan yang dihidangkan oleh tim masak dan koperasi IHF.

IHF/Rangga

Para staf IHF sedang mengambil masakan yang telah dihidangkan di Kantin Sekolah Karakter.

Distribusi Daging Kurban

Setelah kegiatan makan siang, acara ditutup dengan pembagian hewan kurban. Daging kurban dibagikan kepada masyarakat yang bermukim di sekitar IHF Cimanggis dan Sekolah Karakter Gunung Putri.

Selain itu, daging kurban juga dibagikan untuk sekolah Semai Benih Bangsa (SBB), pesantren-pesantren, rumah yatim, serta karyawan IHF. Para Karyawan IHF yang berminat dan sudah mendaftar diperbolehkan mengambil bagian-bagian tubuh hewan kurban. 

Reporter: Teuku Zulman Sangga Buana
Editor: Dewanti Nurcahyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close Search Window