SBB TK Karakter Alif

SBB TK Karakter Alif bermula dari kegiatan Ibu Indry sebagai kader posyandu di tahun 2008. Satuan PAUD Sejenis (SPS) Kuncup Mekar adalah sekolah pertama yang dikelolanya sebagai cikal bakal SBB TK Karakter Alif. Semenjak mengelola PAUD, Bu Indry selalu haus akan ilmu yang berkaitan dengan Anak Usia Dini. Kebetulan kerabat beliau (Ibu Tari) juga mengelola PAUD di wilayah Depok (SBB Tapos). SBB Tapos yang dikelola oleh Ibu Tari sempat diundang tampil di Metro TV dan TVRI. Bu Indry langsung menyempatkan diri berkunjung ke SBB Tapos untuk belajar cara mengelola PAUD yang benar. Semakin kuat keinginan Bu Indry untuk mengembangkan SPSnya menjadi sekolah formal dan berbadan hukum. Alhamdulillah, Yayasan Pendidikan Intisyar Salam saat ini menaungi SBB TK Karakter Alif. Sejak saat itu, Bu Indry mencoba mulai mempraktikkan sedikit demi sedikit apa yang dilakukan oleh SBB Tapos.

Bagai mendapat durian runtuh, tahun 2012 SBB TK Karakter Alif diundang oleh PT Indosat, Tbk. untuk mendapatkan beasiswa pelatihan di IHF Depok. Tahun 2017 Bu Indry juga mendapat kesempatan magang di New Zealand dan Malaysia untuk study banding. Beliau mendapat banyak inspirasi dari kegiatan magang tersebut, anak-anak yang berkarakter, menghargai dan mendahulukan orang tua, serta punya etika yang baik saat naik kendaraan umum. Kegiatan belajar juga dapat dilakukan di mana saja, tidak hanya di ruang kelas yang sempit, kegiatan yang merangsang motorik lebih diutamakan di sana (baik motorik kasar atau motorik halus).

Lokasi SPS Kuncup Mekar yang menggunakan posyandu kurang mendukung untuk bisa berkembang, atas saran dari Penilik Dinas Pendidikan akhirnya lokasi sekolah di pindahkan ke kediaman pribadi Bu Indry agar lebih mudah akses dan terlihat jelas dari jalan raya. Sejak pindah lokasi, namapun berubah menjadi SBB TK Karakter Alif. Peminat semakin banyak, namun Bu Indry tetap mempertahankan kualitas dengan membatasi kapasitas kelas maksimal 15 siswa. Saat ini  SBB TK Karakter Alif mempunyai 6 kelas dengan jumlah siswa kurang lebih 80an anak. Setiap tahun ada jatah 5 anak yang tinggal di sekitar lokasi SBB TK Karakter Alif mendapatkan beasiswa belajar gratis, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Menurut Bu Indry, IHF telah berjasa dalam membentuk guru-guru yang toleran, bertanggung jawab, amanah, serta penuh cinta. Testimoni dari orang tua terkait lulusan selalu positif: Anaknya santun, percaya diri, mandiri, mau menjadi pemimpin.

Kegiatan di sekolah seringkali diupload ke sosial media sekolah, akhirnya ada orang tua siswa dari luar kota yang penasaran dengan kegiatan yang dilakukan di SBB TK Karakter Alif. Beliau mendaftarkan anaknya melalui kelas jauh dan mengikuti perkembangan kegiatan melalui sosial media. Siswa kelas jauh SBB TK Karakter Alif saat ini ada 3 orang, yang masing-masing berdomisili di New York, Palembang, dan Samarinda. Guru rutin membuat weeklyplan sebagai informasi untuk orang tua dan share di WAG orang tua, weeklyplan dikirim setiap minggu secara daring. Siswa kelas jauh mendapatkan toolkit yang dikirimkan di awal tahun ajaran, sedangkan untuk kegiatan belajar mereka mendapatkan pertemuan videocall secara berkala.

Guru-guru SBB TK Karakter Alif aktif pada kegiatan PKG (Pusat Kegiatan Gugus), sering diundang kegiatan literasi (sebagai narasumber), setiap tahun juga dilaksanakan kegiatan parenting untuk orang tua. TK Karakter Alif diberikan kepercayaan untuk tampil di kegiatan seminar dalam rangka HUT HIMPAUDI. Juga menjadi salah satu instruktur tari masal Pelajar Pancasila yang dilakukan di Monas beberapa waktu lalu, dalam rangka HUT HIMPAUDI ke 13.

PT Indosat, Tbk. (sekarang Indosat Ooredoo Hutchison), adalah adalah mitra IHF sejak 2006 sampai 2016, telah melatih sebanyak 44 sekolah SBB di berbagai wilayah Indonesia. Tulisan ini berdasarkan testimoni dari Ibu Hj. Indry Astuti Ningsih (pendiri) dan Bapak Donny Hendra Lesmana, SE., S.PD., CHt. (kepala sekolah) SBB TK Karakter Alif yang beralamat di Jalan Monitor No.60, RT 08/RW 009, Kelurahan Jatimakmur, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat 17413.

Close Search Window